- Event Object merupakan object yang mendiskripsikan sebuah event yang di-trigger oleh event source.
- Event Handler merupakan method yang menerima event object dan melakukan respond yang sesuai dengan event object tersebut.
- Event Listener merupakan interface yang akan meng-handle event yang terjadi. setiap type event mempunyai interface yang bersesuaian. Listener tersebut harus diimplementasikan oleh class yang akan meng-handle event
- Event Source merupakan pembangkit / trigger sebuah event objects
berikut ini type type event yang ada di Java :
- ActionEvent
- ItemEvent
- WindowEvent
- ContainerEvent
- ComponentEvent
- FocusEvent
- TextEvent
- KeyEvent
- MouseEvent
- AdjustmentEvent
- ActionListener
- ItemListener
- WindowListener
- ContainerListener
- ComponentListener
- FocusListener
- TextListener
- KeyListener
- MouseListener
- MouseMotionListener
- AdjustmentListener
Bagaimana event handling dalam Java? ada tiga langkah penting dalam event handling
- Deklarasikan class yang akan meng-handle event yang terjadi dan tuliskan code yang menyatakan class tersebut meng-implement interface listener
- Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method add<type>Listener
- Kode yang mengimplementasikan method pada interface listener pada class yang akan meng-handle event. [ Override ]
MouseEventsDemo.java
package mouseeventsdemo;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
/**
*
* @author Ren
*/
public class MouseEventsDemo extends Frame implements MouseListener, MouseMotionListener { // Langkah 1
TextField tf;
public MouseEventsDemo( String title){
super(title);
tf = new TextField(60);
addMouseListener(this); // Langkah 2
}
public void launchFrame() {
/* Menambah komponen pada frame */
add(tf, BorderLayout.SOUTH);
setSize(300,300);
setVisible(true);
}
public void mouseClicked(MouseEvent me) { // Langkah 3
String msg = “Mouse clicked.”;
tf.setText(msg);
}
public void mouseEntered(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse entered component.”;
tf.setText(msg);
}
public void mouseExited(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse exited component.”;
tf.setText(msg);
}
public void mousePressed(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse pressed.”;
tf.setText(msg);
}
public void mouseReleased(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse released.”;
tf.setText(msg);
}
public void mouseDragged(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse dragged at ” + me.getX()
+ “,” + me.getY();
tf.setText(msg);
}
public void mouseMoved(MouseEvent me) {
String msg = “Mouse moved at ” + me.getX()
+ “,” + me.getY();
tf.setText(msg);
}
}
main.java
package mouseeventsdemo;
/**
*
* @author Ren
*/
public class Main {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
MouseEventsDemo med = new MouseEventsDemo(“Mouse Events Demo”);
med.launchFrame();
}
}
reference: http://7seasons.wordpress.com/2010/10/30/event-handling-gui-pada-java/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar